5 Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah

Tikus merupakan salah satu hewan pengganggu yang sangat dibenci oleh orang, karena selain kebiasaannya yang buruk, tikus juga dapat membawa berbagai macam penyakit, seperti murine typus, leptospirosis, rat-bite fever (RBF), dan masih banyak lagi. Penyakit-penyakit tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan bahkan bisa menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

Umumnya tikus senang tinggal di daerah yang kotor, daerah yang banyak barang menyumpal seperti almari, dapur, dan kap mobil sekalipun. Selain mengganggu kenyamanan, tikus-tikus ini juga sering meninggalkan tai atau kotoran tikus yang bisa menimbulkan penyakit.

Untuk mengusir tikus-tikus itu dari rumah anda, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah obaat pembasmi tikus, atau jika tidak, anda bisa memelihara kucing di rumah anda, itu bisa membuat tikus-tikus yang ada dirumah anda menjai takut dan kabur. Selain itu, ada juga beberapa cara yang bisa anda gunakan. Berikut 5 cara ampuh usir tikus dari rumah:

5 Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah

1. Jangkrik

Tahukah anda bahwa jangkrik sebenarnya bisa digunakan untuk mengusir tikus? Suaranya yang merdu dan menggelitik ini sangat tidak disukai oleh tikus, sehigga tikus-tikus pun merasa tidak nyaman tinggal dirumah anda, kemudian ia akan memilih pergi dan mencari tempat lain yang tidak terdapat suara jangkrik.

2. Cuka Apel

Cuka apel ini bisa dengan mudah anda temui di pasar. Cuka ini sangat ampuh dalah mengusir tikus. Cara penggunaannya juga tidak ribet, anda campurkan satu liter cuka apel dengan dua liter air dalam sebuah wadah. Lalu gunakan campuran tersebut untuk menyemprotkan area rumah anda. Jika ingin membuahkan hasil yang maksimal dan tikus bisa pergi selamanya, anda lakukan secara teratur dan rutin.

3. Buah mengkudu atau pace

Buah mengkudu arau pace ini memang memiliki bau yang tidak sedap dan cukup menyengat. Bau ini juga tidak disukai oleh tikus. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkannya sebagai obat pengusir tikus. Potong buah pace tipis-tipis menjadi 5 sampai 6 bagian. lalu letakkan irisan pace tersebut pada tempat yang terdapat banyak tikus. Cara ini sangat efektif mengusir tikus dari dalam rumah anda.

4. Teh pappermint

Teh pappermint ini selain enak di minum, anda juga bisa memanfaatkan teh ini untuk mengusir tikus dalam rumah. Caranya letakkan teh pappermint atau kotak teh di tempat-tempat yang terdapat banyak tikus, Letakkan juga pada sudut rumah serta jalan masuk dan keluarnya tikus. Hal ini akan mempermudah mengusir tikus di rumah.

5. Kulit durian

Buah durian memiliki bau menyengat dan harum bagi manusia. Namun, bau menyengatnya buah durian sangat tidak disukai oleh semua tikus. Oleh sebab itu, anda bisa memanfaatkan durian untuk mengusir tikus. Yang anda gunakan cukup dengan kulit duriannya saja. Letakkan kulit durian pada persembunyian tikus atau pada tempat-tempat yang terdapat banyak tikus. Baunya yang menyengat ini akan membuat tikus lari dan pergi meninggalkan rumah anda.

Demikianlah 5 cara ampuh usir tikus dari rumah. Gunakan kelima cara tersebut juga dirumah anda banyak terdapat tikus. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.