4 Cara Mudah Atasi Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter

Karang gigi adalah sejenis kotoran (plak) yang  menempel pada sela-sela gigi yang bersifat keras. Kerasnya kotoran yang menempel itulah yang disebut dengan karang gigi. Jika karang gigi sudah menempel pada gigi anda, itu memang sulit untuk dihilangkan, sebaiknya anda segera ke dokter untuk menghilangkan karang tersebut.

Namun tahukah anda? Sebenarnya karang gigi itu bisa anda hilangkan sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Karang yang masih dalam tahap biasa, anda bisa mengatasinya menggunakan cara-cara tradisional yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Namun jika karang gigi itu sudah terlihat menumpuk dan parah, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, karena jika dibiarkan, hal itu akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit kronis, salah satunya adalah kanker, dan bahkan bisa berujung kematian jika terus dibiarkan. Untuk lebih amannya, konsultasikan gigi anda minimal 3 bulan sekali.

Karang gigi itu sendiri terbentuk dari plak dari sisa-sisa makanan yang masih tertinggal disela-sela gigi dan akhirnya menumpuk dan mengeras. Untuk mengasati dan mencegah timbulnya karang pada gigi anda, beberapa cara ini bisa anda coba. Berikut 4 cara mudah atasi karang gigi tanpa harus ke dokter:

4 Cara Mudah Atasi Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter

1. Baking soda

Baking soda memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Selain untuk kecantikan, baking soda juga bisa anda gunakan untuk membersihkan karang gigi. Caranya, gosokkan bubuk baking soda pada gigi anda yang terdapat karang atau plak. Tunggu beberapa menit lalu kumur dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, campurkan garam halus pada bubuk baking soda. Lakukan cara ini setiap hari hingga plak gigi anda hilang.

2. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah plak pada gigi anda. Cengkeh ini efektif menghilangkan dan mencegah plak pada gigi. Caranya. Tumbuk 4-5 biji cengkeh (basah atau kering) hingga halus. Campurkan satu sendok makan bubuk jus lemon dan aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk sikat gigi. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.

3. Biji buah delima

Biji buah delima juga efektif dalam mengatasi masalah plak gigi atau karang gigi. Caranya mudah, yaitu Campurkan satu sendok biji delima dengan sedikit garam, lalu haluskan. Tambahkan tiga tetes air dan aduk hingga menjadi pasta. Lalu gunakan pasta tersebut untuk sikat gigi. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari. Dengan melakukan secara teratur, secara perlahan plak yang menempel pada gigi anda akan menghilang.

4. Buah strowberry

Kandungan zat asam dan nutrisi lainnya pada strowberry ternyata bisa mengatasi masalah plak pada gigi anda. Caranya sangatlah mudah, anda tinggal menggosok-gosokkan strowberry pada gigi anda lalu kunyah-kunyah hingga gigi terasa lebih baik. Setelah itu, jangan lupa berkumur menggunakan air hangat dan sikat gigi seperti biasa. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

Demikianlah 4 cara mudah atasi karang gigi tanpa harus ke dokter. Sekarang anda bisa bersihkan karang gigi anda sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih.