6 Makanan peningkat sistem kekebalan tubuh

Makanan peningkat sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau sistem kekebalan tubuh memang sangat penting untuk kita perhatikan. Agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat, ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu dengan berolahraga dan dengan memakan makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Umumnya sistem kekebalan tubuh hanya bisa meningkat secara alami, dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan alami yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tubuh yang sistem imunitasnya terjaga serta meningkat, akan sulit bagi penyakit untuk memasuki tubuh. Begitu sebaliknya, jika sistem imun tubuh melemah atau menurun, maka kesehatan pun juga ikut menurun karena mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

Untuk meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh, anda bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi, dan tentunya yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beikut ini beberapa makanan yang bermanfaat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

6 Makanan peningkat sistem kekebalan tubuh

1. Konsum jus lemon

Jus lemon kaya akan vitamin C, dan vitamin C sangat berperan penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, sangat perlu bagi anda mengkonsumsi jus jeruk dengan rutin, agar tubuh anda bisa selalu kuat serta tidak mudah sakit. Vitamin dalam jus lemon mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan serangan radikal bebas.

2. Yougurt

Kandungan probiotik yang tinggi pada yogurt sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt juga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Mengkonsumsi yogurt setiap hari mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan usus.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, mineral zinc, sulfur, selenium, dan vitamin A dan E. Sedangkan fungsi dari bawang putih adalah sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga bawang putih sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi satu siung bawang setiap hari selama satu minggu.

4. Vitamin D

Vitamin D sangat berperan penting dalam menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari di pagi hari. Tapi ingat, jangan berlebihan, jika berlebihan kulit anda akan terbakar. Vitamin D mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit diabetes dan jantung.

5. Oatmeal

Oatmeal bersifat anti mikroba. Dan kandungan serat pada oatmela mampu membantu tubuh melawan beberapa macam penyakit dengan mudah. Konsumsilah oatmeal secara rutin untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh anda.

6. Teh

Berbagai macam teh, baik itu teh hijau maupun teh hitam, semuanya memiliki peran penting pada kesehatan tubuh. Teh tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Meskipun begitu, jangan mengkonsumsi berlebihan. Minumlah 1-2 cangkit dalam sehari, dengan begitu sistem imun tubuh anda akan semakin terjaga dan meningkat.

Demikianlah 6 makanan peningkat sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah keenam makanan tersebut agar tubuh anda lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.